Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) secara mengejutkan mengundang saya menjadi salah satu narasumber pada kegiatan “belanja ide” di Bandung, Senin (25/3). Saya tidak sendiri, ada begitu banyak pembicara yang hadir kala itu di tengah Diskusi Grup Terpumpun (FGD) yang dipimpin langsung oleh Direktur Pembudayaan Pancasila.

 

Saya sendiri mendapatkan banyak masukan tentang praktek baik penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tentu saja menambah pemahaman sebagai bekal praktek saya pribadi menjadi manusia yang menerapkan Pancasila dan praktek kehidupan sehari-hari di tempat yang sedang dikembangkan : Kampung Nusantara.

Berada di lingkarang orang-orang yang terus bergerak, saya lebih banyak tersindir. Rupanya saya tak memiliki banyak waktu dan kesempatan untuk mengubah peradaban menjadi lebih baik. Ada banyak hal yang membuat tindakan harus tersita dengan kebahagiaan sesaat, hiburan sesaat dan lamunan. Semoga setelah ini, saya turut berbenah menjadi manusia yang lebih banyak berguna daripada hanya menjalani hidup menuju tua.